Rabu, 30 November 2011

ABSTRAKSI


ABSTRAK
ANDI RUSWANDI              :“Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Materi Statistik  di SMP Islam Al-Barokah
Proses pembelajaran yang dilakukan guru selama ini kurang inovatif dan cenderung monoton, hal ini dapat diketahui dari metode yang digunakan hanya berkisar ceramah, padahal mata pelajaran matematika adalah mata pelajaran yang seharusnya diajarkan secara lebih aktif seperti dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak hanya unggul dalam membantu siswa memahami konsep-konsep sulit, tetapi juga menumbuhkan motivasi belajar yang tinggi, membiasakan belajar kelompok, menumbuhkan rasa percaya diri dan senang mempelajari matematika sehingga diharapkan setiap siswa mengalami peningkatan dalam hasil belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas siswa pada pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMP Islam Al-Barokah, seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Statistik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan mengetahui bagaimana respon siswa terhadap model pembelajaran STAD dalam pembelajaran Statistik.
Dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa akan memperoleh pengalaman sendiri lebih nyata, sehingga akan lebih memotivasi siswa untuk belajar. Selain itu penggunaan model pembelajaran tipe STAD ini diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis observasi, analisis tes yang dilakukan setiap siklus, serta analisis angket dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Islam Al-Barokah yang berjumlah 22 siswa.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD; (a) Dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa secara signifikan dari siklus ke siklus dengan rata-rata siklus I sebesar 43,00, pada siklus II meningkat menjadi 49,68, pada siklus III meningkat menjadi 52,41. (b) Perkembangan kemajuan individu siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus ke siklus. Siswa yang berkualitas “Cukup mengalami penurunan pada Siklus I sebesar 31,82%, menurun pada siklus II menjadi 18,18%, menurun pada siklus III menjadi 0%. Siswa berkualitas “Baik mengalami peningkatan, pada Siklus I sebesar 54,54%, meningkat  pada siklus II menjadi 59,09%, meningkat pada siklus III menjadi 31,82%. Siswa berkualitas “Sangat Baikmengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 13,63%, meningkat pada siklus II menjadi 22,73%, meningkat pada siklus III menjadi 68,18%. Dengan hasil rata-rata tes evaluasi mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus ke siklus, pada siklus I sebesar 54,55, meningkat pada siklus II menjadi 62,05, meningkat pada siklus III menjadi 71,59. (c) Adanya respon positif/baik siswa terhadap metode pembelajaran kelompok tipe STAD yang diterapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar